Tuesday 17 December 2013

Di dunia dengan era digital memang banyak manfaatnya , tetapi selain sisi positifnya juga terdapat  juga sisi negatif yaitu bahaya dan perangkap yang harus diwaspadai juga. Virus komputer serta malware telah berevolusi selama bertahun-tahun, bahkan platform mobile juga tidak terhindar dari virus dan malware.
Para peneliti kini telah menemukan prototipe penyebaran virus maupun malware dengan cara lain yang tidak biasa, yang pasti akan membuat sakit kepala bagi administrator jaringan di mana-mana, melalui konsep software yang akan dapat menyebar dari satu komputer ke komputer lain menggunakan sinyal audio melalui speaker yang terintegrasi dan mikrofon.
Namun komputer yang tetap terisolasi dari jaringan tidak dapat terinfeksi oleh malware. Menurut penelitian para ahli ini, itu berarti keandalan “celah udara” tidak lagi menjadi ukuran keamanan yang pasti digunakan untuk memastikan bahwa informasi sensitif tetap terlindungi dengan baik.
Sinyal audio yang terdengar akan ditransmisikan dalam jumlah kecil melalui data saluran rahasia, dengan jarak mencapai 65 kaki. Begitu banyak untuk koneksi internet hilang menjadi cukup untuk pencegah terhadap malware. Para peneliti di balik bukti konsep ini melakukan memperingatkan bahwa penyerang bisa mempersenjatai malware dengan keyloggers sehingga informasi sensitif dapat direkam. Untuk pengamanan yang praktis dan efisien, jaringan komputer ditempatkan terisolasi di ruang kedap suara.

0 comments:

Post a Comment